Breaking News
Bone,

Tanaman CB2 (Canggoreng Bangkung-bangkung)

BONE INVESTASI, Salah satu jenis kacang-kacangan ini di Indonesia memiliki beberapa sebutan seperti kacang biduk, kara gajih, kacang bado, kara wedus, dan CB2. (Canggoreng Bangkung-bangkung) merupakan pohon melilit seperti anggur dengan pucuk daun muda di pohon dan bunga ungu cerah yang mencolok dengan polong. Di daerah ber-es, rambatan pohonnya menjadi kayu dan mencapai panjang lebih dari 30 kaki (9 m). Pada zona 9 dan lebih dingin, rambatannya tetap herbal dan jarang melebihi 10 kaki (3 m). Daun muda berwarna hijau keunguan, bentuk luas oval atau segitiga dengan panjang 3-6 inchi. Bunganya seperti kacang, ungu yang kaya dan sangat bagus disusun di kelompok longgar pada batang panjang yang memperpanjang di atas dedaunan. Polongnya mencolok seperti bunganya. Polongnya rata dan ikal dengan panjang kira-kira 3 in (7,6 cm) dan ungu cerah. Kacang di dalamnya berwarna gelap dengan hilus putih mencolok, bekas luka memanjang pada tepi kacang di mana bekas luka tersebut melekat pada bagian dalam polong.
Beberapa kultivar telah dipilih termasuk beberapa dengan bunga putih dan polong hijau pucat; beberapa dengan bunga merah; beberapa dengan kacang lonjong yang panjang dan tipis; dan beberapa berbentuk kerdil. Beberapa kultivar tumbuh pokok untuk polongnya, beberapa untuk bijinya, dan beberapa untuk akar. Beberapa hari panjang netral dan beberapa bunga biasanya panjang harinya lebih pendek.
Lokasi
Dolichos lablab atau kacang lablab dipercaya asli dari Asia, tetapi sekrang tumbuh untuk makanan di seluruh dunia. Tanaman ini sangat populer di Cina di mana tanaman ini telah tumbuh di pagar dan terali di belakang halaman selama berabad-abad. Kacang Lablab sangat penting untuk sumber makanan di Afrika dan Asia tropis. Lablab telah lolos budi daya dan didirikan di banyak wilayah, termasuk Florida Selatan.
Budidaya
Mudah ditumbuhkan di tanah yang miskin, asam, hingga basa. Kacang lablab memerlukan 90-150 hari dari mulai penaburan hingga matang. Polong tak matang dapat diambil lebih cepat. Kacang lablab butuh cahaya matahari yang banyak agar dapat tumbuh dengan baik. Tanah yang digunakan untuk menanam adalah jenis tanah kering. Setelah ditanam, kacang lablab mentoleransi kekeringan, lebih baik dibanding kacang kebanyakan. Kacang lablab tumbuhan tahunan berhidup pendek di wilayah es. Kacang jenis ini tumbuh seperti biasa di mana saja. Perbanyakan dilakukan dengan biji.
Kegunaan
Di Amerika Serikat, kacang lablab biasanya ditumbuhkan sebagai ornament. Di Asia dan Afrika kacang lablab ditanam sebagai makanan. Kacang lablab merupakan penukar nitrogen yang sangat baik dan kadang-kadang tumbuh sebagai penutup lahan pertanian atau pakan ternak.
Polong muda dan belum matang dimasak dan dimakan seperti kacang hijau (polong lebih tua membutuhkan gesekan). Mereka memiliki kekuatan, rasa kacang dan beberapa orang suka mencampur kacang lablab dengan kacang jenis lainnya atau sayuran hijau. Sayangnya, warna ungu akan menghilang selama pemasakan. Daun muda dimakan mentah pada salad dan daun lebih tua dimasak seperti bayam. Bunganya dimakan mentah atau diuap. Umbi besar dapat dikukus atau dipanggang. Biji yang belum matang dapat dikukus dan dimakan seperti kerang. Biji kering harus dikukus dalam dua pergantian air sebelum dimakan karena kacang lablab mengandung racun dengan tingkat cyanogenic glucosides. Di Asia, biji yang matang dijadikan tahu dan fermentasi tempe. Kacang ini dapat digunakan juga sebagai kecambah.
Di beberapa daerah di dunia, kacang lablab menjadi bahan makanan. Di Maharashtra, kari pedas special, diketahui sebagai vaala che birde, sering digunakan selama festival puasa selama bulan Shravan. Di Telanggana, daerah di India, polong kacang dipotong menjadi bentuk kecil dan dimasak sebagai kari pedas pada festival musiman Pongal, bersamaan dengan roti baira; kombinasi tersebut menjadi kelezatan sangat special selama berabad-abad. Di Vietnam, kacang lablab merupakan komposisi utama hidangan chè đu ván. Di Kenya, kacang ini disebut sebagai njahi, dan populer di antara kelompok Kikuyu. Kacang ini diperkirakan untuk mendorong laktasi dan secara sejarah merupakan hidangan utama ASI ibu.kacang direbus dan dihancurkan dengan pisang matang atau setengah matang, memberikan hidangan rasa manis.
Demikian pula Canggoreng Bangkung-Bangkung (CB2) ini merupakan substitusi alternatif  
Lokasi : Kecamatan Patimpeng, Kahu, Amali, Ajangale

How about this Article

Tidak ada komentar:

Leave a Reply